Selamat Datang di Etalase Batik Khas Kediri
"Batik ... Selembar kain yang kedua sisinya harus identik dan sama indahnya, karena dua sisi batik adalah satu kesatuan yang bila salah satu tak tampak maka namanya bukan lagi batik namun hanyalah kain bermotif saja... Filosofi itulah yang memberi inspirasi bahwa manusia hidup harus mengindahkan kedua sisi esensinya yaitu jiwa dan raga, dimana keduanya merupakan sebuah kesatuan yang tak dapat terpisahkan..." – @tiwwiDy Batik Kediri

Menggali Motif Batik Khas Kediri

Posted by : Batik Kediren , pada 04 December 2012

Batik Kediri Batik Kediri Batik Kediri Batik Kediri Batik Kediri Batik Kediri Batik Kediri Batik Kediri Batik Kediri Batik Kediri Batik Kediri Batik Kediri Batik Kediri Batik Kediri Batik Kediri Batik Kediri

Batik Kediri
Batik tidak lagi menyandang sebutan old fashion. Kiprah batik dalam menciptakan tren baru pada dunia fashion Indonesia kian menunjukkan taringnya. Seniman batik dan desainer pakaian terus mencipta motif-motif baru serta merancang pakaian-pakaian cantik dari batik modern.

Kota Kediri jelas tidak sama seperti Tulungagung, Solo, Yogyakarta ataupun Pekalongan yang secara tradisional merupakan penghasil Batik Tulis sejak dahulu kala. Kondisi ini menjadi tantangan tersendiri bagi Pemerintah Kota Kediri yang telah menggagas kemunculan motif Batik khas Kota Kediri.

Tekad dan semangat yang besar untuk memiliki motif Batik khas daerah harus diimbangi dengan upaya konkret untuk menumbuhkan unit-unit usaha baru batik tulis. Jangan sampai gagasan cemerlang kemudian tidak dapat terealisasikan lantaran ketiadaan dukungan sumber daya.

Untuk menumbuhkan Budaya Batik di hati masyarakatnya, pemerintah kota Kediri sudah berupaya keras baik dengan mengadakan festival-festival batik maupun dengan mengadakan kontes fashion batik di pusat-pusat perbelanjaan yang sekiranya dapat meningkatkan antusiasme masyarakat akan budaya batik ini.

Begitu juga pemerintah kota Kediri telah melakukan pelatihan-pelatihan kepada pelaku usaha serta segenap lapisan masyarakat, untuk menumbuhkan harapan dan keyakinan baru akan masa depan industri batik tulis Kota Kediri yang cerah dan prospektif.

Kerajaan Kadiri sebagai salah satu entitas sejarah Kota Kediri di masa lampau memang kaya akan beragam jejak sejarah yang dapat ditelusuri melalui peninggalan-peninggalan budaya yang tersebar di Kota Kediri dan daerah-daerah sekitarnya, seperti Goa Selomangleng, Candi Tegawangi, Candi Surawana dan benda-benda purbakala lain yang menjadi koleksi Museum Airlangga Kediri.

Dengan menggali sumber-sumber yang ada di Kota Kediri dan sekitarnya, telah muncul motif batik yang orisinal dan berkarakter yang berbeda dengan motif batik daerah lain. Motif batik khas Kota Kediri menunjukkan gaya, idealisme dan inspirasi masyarakat Kota Kediri. Desain batik khas Kediri bukan saja sebagai dokumen masa lalu, namun menjadi tampilan seni batik yang bersifat kontemporer sehingga dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

Contoh motif batik khas Kediri adalah hasil kreasi dari Ibu Dra. Suminarwati Sundoro. Beliau memberi nama dengan sebutan Batik Bolleches yang dalam Bahasa Belanda yang artinya adalah titik. Jadi ciri khas Batik Bolleches adalah semua motif batik selalu didasari oleh latar belakang berupa titik. Motif Batik Bolleches diterima secara luas oleh konsumen di beberapa kota di Jawa Timur.

Ada beberapa motif lain adalah Motif Batik Simpang Lima, Motif Anggur, Motif Mangga Podang dan masih banyak motif yang lainnya. Gaya motif Batik Kediri lebih banyak dipengaruhi oleh Motif Batik Pantai Utara. Motif-motifnya sama sekali tidak terikat oleh pakem-pakem yang ada, coraknya lebih bebas dan seringkali bermotifkan pola gambar natural dan tematis, sementara warnanya cenderung dekat dengan corak warna Batik Madura dengan warna-warna yang lebih berani dan eksotis.

Sebagaimana kita ketahui, bahwa pada tanggal 2 Oktober 2009, UNESCO menetapkan Batik sebagai Warisan Budaya Dunia Asli Indonesia (World Heritage). Kita sebagai warga negara ikut bangga dan patut kiranya untuk melestarikan budaya tersebut dengan berbagai cara, baik dengan membudayakan memakai batik dalam setiap kegiatan dan melestarikan makna filosofi batik itu sendiri. Mari kita Cintai dan Lestarikan batik ...!
TENUN IKAT KAOS KEDIRI Jersey Batik Kediri Kuliner Prediksi Bola